Ahmad Faiz Fikri

XI MIA 6

Teks Eksplanasi

                               Physical Distancing

Physical distancing atau pembatasan fisik adalah salah satu langkah yang disarankan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Physical distancing ini menjadi salah satu cara agar kita terhindar dari virus corona dan agar virus ini tidak menyebar luas. Pemerintah menyarankan agar kita menjaga jarak satu sama lain ketika kita berada di tempat umum seperti di mall, restoran, dll. kita juga harus menjaga jarak ketika sedang berada di angkutan umum seperti busway atau transportasi lainnya.



Physical distancing diterapkan ketika suatu wilayah atau daerah sudah mulai memasuki zona merah atau suatu virus sudah mulai mewabah. Seperti virus corona yang sedang mewabah sekarang ini, pemerintah sudah ramai menganjurkan kita untuk melakukan physical distancing sebagai salah satu cara agar kita terhindar dari virus corona.

Dalam prakteknya Physical distancing bisa kita lakukan dengan cara: Jangan keluar rumah jika tidak ada urusan yang begitu penting, bekerja atau belajar dari rumah, jika ingin menyapa orang lebih baik dengan cara melambaikan tangan ketimbang bersalaman demi kebaikan masing-masing, berolahraga di rumah dan tidak perlu pergi ke gym, jika ingin memesan sesuatu pesanlah kurir untuk mengirim barang tersebut ke rumahmu, ketika berada di tempat umum duduklah dengan saling menjaga jarak, menunda berpergian ke luar kota.

Physical distancing tidak hanya diterapkan di tempat umum, ketika berada di rumah juga kita lebih baik tetap melakukan physical distancing. Karena beberapa orang tidak menunjukkan gejala terkena corona namun bisa saja membawa virus tersebut. 

Penularan virus corona akan lebih mudah terjadi kepada orang orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, lansia, memiliki penyakit kronis, dan asma. karena itu meskipun kita berada di dalam rumah alangkah baiknya kita tetap menjalankan physical distancing demi kebaikan kita semua.


Menanggapi tentang physcial distancing memanglah harus kita lihat dari kesadaran diri masing-masing. Apabila kita memiliki kesadaran diri yang tinggi maka kita mampu menjaga diri sendiri dan juga demi kebaikan orang lain. Pemerintah juga sudah terus menganjurkan kita agar menjaga daya tahan tubuh dan tetap melakukan physical distancing dimanapun dan kapanpun kita.


Sekian teks Eksplanasi dari saya.

Terima Kasih

Comments

Popular Posts